by

Informasi Seputar Layanan Service Mobil dan Dempul Mobil Terbaik

Service mobil dikenal sebagai kegiatan yang wajib dilakukan untuk menjaga performa mobil agar tetap berada dalam kondisi baik. Namun, banyak orang yang mengabaikan hal tersebut dan hanya melakukan perawatan seadanya.

Hal ini berkaitan dengan anggapan bahwa kendaraan yang dimilikinya tidak mengalami masalah apapun. Padahal yang disebut dengan perawatan atau service mobil itu sendiri tentunya harus dilakukan secara rutin.

Dengan demikian, Anda pun dapat mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah yang dihadapi kendaraan.

Sekalipun jenis permasalahan yang dimilikinya termasuk dalam permasalahan kecil, seperti harus menjalani dempul mobil.

Macam-macam layanan service mobil

Pada dasarnya setiap jenis mobil membutuhkan layanan service yang berbeda, termasuk layanan untuk dempul mobil dan lainnya.

Jika dilihat secara umum, berikut ini adalah beberapa bentuk layanan service yang dapat Anda gunakan, di antaranya :

1.     Layanan service berkala pada 1000 km pertama

2.     Layanan service ketika telah mencapai angka 5000 km

3.     Layanan service berkala pada 10.000 km

4.     Layanan service berkala [ada 15.000 km

5.     Layanan service berkala pada 20.000 km

Untuk beberapa layanan service di bagian atas tadi, setiap biaya service mobil yang dibutuhkan jelas berbeda. Namun, penting untuk Anda ketahui bahwa jarak yang telah ditempuh oleh mobil menjadi penentu dari besaran biaya yang harus dikeluarkan.

Semakin besar jumlah jarak yang telah ditempuh, maka akan semakin tinggi pula biaya service yang dibutuhkan.

Manfaat melakukan kegiatan servis mobil secara rutin

Dengan melakukan kegiatan perawatan di tempat service mobil terdekat. Tentunya Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih beragam, di antaranya :

  • Performa mobil lebih terjaga, sehingga mesin dan tenaga yang dimilikinya jauh lebih baik.
  • Hindari risiko dari munculnya pengeluaran berlebih, seperti halnya mesin yang rusak akibat jarang ganti oli dan lainnya.
  • Hadirkan nilai jual yang lebih tinggi.
  • Menghadirkan rasa aman dan juga nyaman saat Anda mengendarainya, sekali pun dalam jangka waktu lama.

Komponen yang dicek saat menjalani service mobil

Ketika melakukan kegiatan service, penting bagi Anda untuk mengetahui bagian apa saja yang dilakukan pengecekan. Karena dengan mengetahui komponen-komponen tersebut.

Tentunya Anda pun dapat membandingkan apa perbedaan yang dihadirkan sebelum dan juga setelah proses service dilakukan. Berikut adalah daftar komponen tersebut, di antaranya :

  • Busi
  • Oli mesin
  • AC
  • Kelistrikan yang terdapat di dalam aki
  • Kampas rem serta kopling
  • Ban
  • Lampu-lampu

Dari beberapa bagian di atas tadi, ada salah satu bagian penting yang sering terlewatkan dalam proses service yang dilakukan.

Bagian tersebut adalah body mobil, hal ini seringkali terlupa karena bentuk kerusakan yang dialaminya seringkali terlihat dengan jelas. Sehingga ketika tidak tampak adanya kerusakan, maka bagian body mobil pun jarang diperhatikan.

Perbaiki body mobil dengan dempul mobil

Pada bagian body mobil, masalah yang seringkali dihadapi itu berkaitan dengan adanya penyok atau bahkan lecet. Namun bukan hanya itu saja, bagi Anda yang ingin memberikan lapisan lain pada bagian rangka mobil juga dapat dilakukan dengan menggunakan dempul mobil terbaik.

Jenis-jenis dempul mobil

Pada dasarnya dempul yang ditujukan bagi mobil itu hadir dengan pilihan beragam. Untuk Anda yang ingin tahu apa saja, ini dia penjelasannya :

  1. Dempul plamir atau epoxy putty, dempul ini banyak digunakan karena memiliki daya rekat yang baik dan juga tahan karat. Namun untuk proses pengeringannya pun membutuhkan waktu lama.
  2. Dempul plastik atau polyester putty, dempul dengan bahan plastik ini memiliki daya kering yang cepat.
  3. Dempul buatan atau lacquer putty, jenis dempul mobil ini dibuat dengan bahan dasar dan juga talc. Untuk menggunakan dempul ini sebaiknya diaplikasikan secara tipis sehingga menutup bagian mobil yang tergores.

Penyebab utama dari kerusakan dempul mobil

Ada beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab utama dari masalah body mobil yang mengalami kerusakan, di antaranya:

  • Berkaitan dengan kualitas dempul mobil yang digunakan. Jika ia mudah rusak, maka dempul tersebut berkualitas rendah
  • Faktor perubahan cuaca yang juga dapat merusak body mobil apabila tidak ditempatkan di garasi
  • Sumber daya manusia, sekalipun dempul mobil odol yang digunakan berkualitas tinggi. Namun jika orang yang menggunakan tidak dapat mengaplikasikannya dengan baik. Tentunya hasilnya pun tidak maksimal.

Demikianlah kiranya penjelasan mengenai layanan service mobil. Semoga bermanfaat!  

News Feed